TERMS & CONDITION

V.19.10.10

  1. Definisi
    1. PT IPasar Indonesia adalah Perseroan Terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.ipasar.id, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut IPasar.
    2. Situs IPasar adalah www.ipasar.id
    3. Syarat dan Ketentuan IPasar adalah perjanjian antara Pengguna dan IPasar yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan IPasar, serta tata cara penggunaan sistem layanan IPasar.
    4. Hari kalender adalah hari kerja dan hari libur yang mengacu kepada kalender nasional di Indonesia.
    5. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan IPasar, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs IPasar.
    6. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs IPasar.
    7. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan penawaran dan/atau melakukan penjualan atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs IPasar.
    8. Barang atau Produk adalah benda yang berwujud/memiliki fisik barang, memiliki karakter komoditi dan derivasinya, dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang dan tidak dilarang hukum atau undang-undang Negara Republik Indonesia yang berlaku.
  2. Domain
  3. Akun, Keanggotaan, Saldo, Password dan Keamanan
    1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
    2. IPasar tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
    3. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai pembeli dan penjual.
    4. Keanggotaan IPasar diwajibkan kepada Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual. Setelah menjadi anggota IPasar, Penjual akan mendapatkan fitur penjualan dan berhak melakukan pengaturan terhadap barang yang akan diperdagangkan.
    5. IPasar tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran Peraturan Tata Tertib dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa suspensi akun, penghapusan barang, penghapusan komentar dan/atau pembatalan keanggotaan.
    6. IPasar memiliki kewenangan untuk menutup fitur penjualan atau akun Penjual baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap hukum atau Peraturan Tata Tertib IPasar.
    7. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya tanpa seijin dan sepengetahuan IPasar, yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem IPasar, termasuk namun tidak terbatas pada :
      – Manipulasi data Penjual
      – Kegiatan perambanan (crawling/scraping)
      – Kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual, beli, promosi, dsb
      – Aktivitas lainnya yang dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
    8. IPasar memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi Penjual, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi demi meningkatkan reputasi Penjual. Contohnya adalah melakukan pembelian terhadap barang sendiri menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
    9. Penjual dilarang melakukan duplikasi Penjual, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
    10. Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah nama akun dan/atau domain Penjual
    11. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
    12. IPasar tidak akan meminta username, password atau akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu IPasar menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan IPasar atau pihak lain yang tidak dapat menjamin keamanannya.
    13. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu IPasar jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
    14. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa IPasar tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
    15. Penjual dilarang mempromosikan barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, komentar, yang dapat menganggu kenyaman Pengguna lain.
  4. IPasar Membership
    1. Guest
      1. Guest, adalah Pengguna yang melakukan registrasi di situs Ipasar
      2. Guest harus melakukan verifikasi melalui email yang telah dikirimkan IPasar ke alamat email yang telah didaftarkan, agar dapat melanjutkan transaksi pembelian di IPasar.
    2. Member
      1. Member, adalah Guest yang mengisi formulir “Become a Seller” di situs Ipasar dan disetujui oleh Ipasar
      2. Ada dua jenis Member, yaitu Individu dan Korporasi (Badan Hukum)
    3. Verified Member
      1. Verified Member, adalah Member yang mendapatkan fasilitas pendukung setelah melalui proses lebih lanjut yang diberlakukan Ipasar
      2. Mengisi formulir tambahan dan melengkapi dokumen yang telah ditentukan olehIPasar untuk mengajukan fasilitas pendukung
    4. IPasar memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan menolak dan menunda proses pengajuan IPasar Membership oleh Pengguna apabila Pengguna belum memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan diatas.
    5. IPasar menjamin kerahasiaan data seluruh Member IPasar
  5. Konten
    1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan IPasar, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. IPasar berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi Penjual, pemblokiran akun, dan lain-lain.
    2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
    3. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang diunggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
    4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar situs IPasar, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli/calon Pembeli.
    5. Ketika Pengguna menggungah ke Situs IPasar dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan IPasar hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan (melalui beberapa tingkatan) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merk dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media maupun yang dikenal sekarang atau dimasa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap IPasar.
    6. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna ke dalam Situs IPasar. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs IPasar.
    7. IPasar menyediakan fitur “Diskusi Produk” untuk memudahkan Pembeli berinteraksi dengan Penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apapun menaikkan harga Barang, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya/terus-menerus secara berkala (flooding/spam).
    8. Meskipun IPasar mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta IPasar bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merk dagang atau hak milik lainnya
  6. Produk
    1. Saat melakukan unggah foto produk, Penjual menyetujui bahwa :
      – Foto produk merupakan gambar yang dipasang sesuai dengan nama produk yang dijual
      – Satu foto produk tidak melebihi dari 5 MB
      – Satu produk bisa memasang 6 foto atau gambar dari berbagai sudut atau sisi
      – Foto produk tidak melanggar undang-undang dan tidak mengandung pornografi
      – Foto produk tidak mengandung SARA
      – Foto produk tidak melanggar hak intelektual
      – Tipe file yang digunakan dalam format JPG atau PNG
      – Semua pelanggaran dalam pemasangan foto akan mengakibatkan pemblokiran produk
    2. Kategori produk merupakan klasifikasi dari produk yang dijual di IPasar
      – Kategori produk telah ditetapkan oleh IPasar
      – Setiap pemasangan produk yang dijual harus sesuai dengan kategori produk yang tersedia di IPasar
      – Semua kategori produk melalui tahap moderasi oleh admin, jika produk tidak lolos moderasi maka produk akan hilang dari menu IPasar
    3. Nama produk merupakan judul atau tanda yang membedakan antara produk satu dengan produk lainnya, Penjual menyetujui bahwa :
      – Nama produk tidak melanggar undang-undang dan hak intelektual
      – Nama produk tidak mengandung provokasi dan mengandung SARA
      – Nama produk harus jelas tidak mengandung pengertian yang berbeda terhadap produk
      – Nama produk dengan foto produk harus sesuai
    4. Deskripsi produk merupakan uraian keterangan produk yang dijual, Penjual menyetujui bahwa :
      – Deskripsi produk harus jelas dan sesuai dengan produk yang dijual
      – Dilarang memasukkan nomor kontak seperti email, nomor HP dalam deskripsi produk
      – Deskripsi produk tidak melanggar undang-undang dan hak intelektual
      – Setiap pelanggaran dalam memuat deskripsi produk akan dilakukan pemblokiran produk
    5. Kondisi produk adalah keadaan produk pada saat dijual
    6. Berat dan volume produk adalah satuan ukuran volume dan / atau bobot sebuah produk, Penjual menyetujui bahwa :
      – Ukuran berat dan volume produk harus sesuai dengan produk yang dijual
      – Penentuan berat dan volume produk sudah termasuk berat dan volume produk yang sudah di packaging siap kirim
      – Berat dan volume produk akan menentukan biaya kirim selain jarak pengiriman
      – Biaya kirim berdasarkan berat dan volume pada setiap perusahaan jasa pengiriman/ekspedisi bisa berbeda
      – Perhitungan berat dan volume produk menggunakan sistem pembulatan ke atas
      – Penghitungan biaya pengiriman berdasarkan berat, volume dan jarak dihitung oleh sistem secara otomatis, dan akan menjadi acuan pembayaran biaya kirim oleh pembeli
      – Kesalahan menginput berat dan volume produk menjadi tanggungjawab Penjual
    7. Stok produk adalah jumlah satuan produk atau barang yang tersedia di toko, Penjual menyetujui bahwa :
      – Penjual menentukan stok yang tersedia sesuai keadaan terbaru
      – Jumlah stok akan berkurang jika terjadi transaksi berhasil
      – Produk dengan stok kosong tidak akan muncul di website IPasar dan tidak bisa diorder
    8. Produk terlarang yaitu produk yang tidak diperbolehkan diperjualbelikan di IPasar, diantaranya :
      – Bukan merupakan barang komoditi atau turunannya
      – Komoditi yang melanggar undang-undang dan peraturan pemerintah Republik Indonesia
      – Barang hasil kejahatan dan pencurian
      – Barang-barang yang melanggar hak kekayaan intelektual / hak cipta pihak ketiga
      – Benda-benda yang tergolong sensitive dan salah secara moral
      – Produk yang berkaitan dengan mistis
    1. Transaksi Pembelian
      1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh IPasar. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian IPasar akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem IPasar telah selesai.
      2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa :
        1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada spesifikasi) sebelum melakukan penawaran atau komitmen untuk membeli.
        2. Pembeli mengakui bahwa spesifikasi warna sebenarnya dari Barang sebagaimana terlihat di situs IPasar tergantung pada monitor/layar perangkat keras Pembeli. IPasar telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan spesifikasi warna Barang dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs IPasar muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs IPasar akan akurat.
        3. Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna melakukan pembelian.
        4. IPasar tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
      3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka Penjual akan menolak order, dan pembayaran atas Barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
      4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Penjual selain melalui IPasar dan/atau tanpa sepengetahuan IPasar (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs IPasar atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
      5. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1 hari kalenderalender) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, IPasar memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
      6. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain IPasar. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
      7. Setelah Pembeli menerima kiriman Barang yang telah dibeli, IPasar memberikan batas waktu 3 (tiga) hari kalender kepada Pembeli untuk melakukan konfirmasi atau klaim penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari Pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem IPasar.
      8. Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke IPasar Escrow akan lanjut dikirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
      9. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab IPasar. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab dari Pembeli.
      10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
      11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank rekening IPasar Escrow adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
      12. Pengembalian dana dari IPasar kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini :
        – Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas nilai total transaksi,
        – Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,
        – Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
        – Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan,
        – Penyelesaian permasalahan akan melalui Pusat Resolusi yaitu berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak IPasar.
      13. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui IPasar Escrow ke eWallet milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk kepada Syarat dan Ketentuan bagian Kartu Kredit.
      14. IPasar berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan IPasar adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
      15. IPasar memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi “terkirim” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 (duapuluh lima) hari kalender sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari Pembeli perihal Barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kalender sejak perubahan status tersebut diatas, IPasar memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan :
        – Konfirmasi penerimaan barang,
        – Komplain
        Jika dalam jangka waktu 3 (tiga) hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan Barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka IPasar memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana tersebut kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan Barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi pengiriman telah sesuai.
      16. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
    1. Transaksi Penjualan
      1. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun
      2. Penjual dilarang melakukan penawaran/berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan “Jenis Barang”
      3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi Barang dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi, kualitas dan kuantitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka IPasar berhak membatalkan dan / atau menahan dana transaksi
      4. Dalam menggunakan Fasilitas Judul Produk, Foto Produk, Catatan dan Deskripsi Produk, Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada :
        – Tidak menerima komplain
        – Tidak menerima retur (penukaran barang)
        – Tidak menerima refund (pengembalian dana)
        – Barang tidak bergaransi
        – Pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim)
        – Penyusutan nilai harga, dan
        – Pengiriman barang acak secara sepihak
        Jika terdapat pertentangan antara deskripsi Produk dengan Syarat dan Ketentuan IPasar, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan IPasar.
      5. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 3 (tiga) hari kalender terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari IPasar. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual, maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
      6. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa IPasar berhak melakukan moderasi kepada Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan, dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
      7. Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang dalam batas waktu 1 (satu) hari kerja terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari IPasar. Jika dalam batas waktu tersebut pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman Barang, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan di atas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada pihak shipping tempat Barang dikirimkan.
      8. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pambayaran atas harga Barang dan ongkos kirim (diluar biaya transfer/administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil.
      9. Dalam keadaan Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah Barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada Pembeli dan IPasar sebelum menerima pesanan yang dimaksud. Pembeli memiliki kewenangan penuh untuk menyetujui melanjutkan transaksi atau membatalkan transaksi dan Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuan dari Pembeli. Apabila telah disetujui ulang oleh Pembeli sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga Barang akan dikembalikan kepada pihak Pembeli. Namun apabila Penjual tetap melanjutkan transaksi tersebut tanpa persetujuan dari Pembeli, maka Penjual menyetujui bawa hal ini akan menjadi tanggung jawab Penjual sepenuhnya (termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian ongkos kirim kepada Pembeli).
      10. IPasar memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di IPasar Escrow sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas Barang. Pembayaran akan dikirimkan kepada Penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau Barang telah diterima oleh Pembeli
      11. IPasar berwenang untuk membatalkan dan/atau menahan dana transaksi apabila:
        1. Nomor resi pihak shipping dan alamat tujuan yang diberikan oleh Penjual dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs IPasar,
        2. Penjual mengirimkan barang melalui jasa shipping selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs IPasar,
        3. Jika nama dan deskripsi Barang tidak sesuai atau tidak jelas dengan Barang yang dikirim,
        4. Jika ditemukan adanya manipulasi transaksi
      12. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku diperaturan perundang-undangan di Indonesia
      13. IPasar berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan IPasar adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya
      14. IPasar berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran Pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
      15. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual
  7. Penataan Etalase (Sub Domain)
  8. Harga
    1. Harga Barang yang terdapat dalam situs IPasar adalah Harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi Harga barang dengan cara apapun.
    2. Penjual dilarang menetapkan Harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs IPasar. IPasar berhak untuk melakukan tindakan pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten atas dasar penetapan Harga yang tidak wajar.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan Harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs IPasar dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
    4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan Harga atau informasi lain menjadi tidak benar/tidak sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan Harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh Pembeli.
    5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab IPasar
    6. Dengan melakukan pemesanan melalui IPasar, Pembeli menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga Barang, pengiriman, dan biaya-biaya lainnya yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pembeli setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pembeli
    7. Situs IPasar untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah
  9. Request For Quotation (RFQ)
  10. IPasar Label
  11. IPoin – IPasar Poin (Saldo Refund & Saldo Penghasilan)
  12. Pengiriman Barang
    1. Pengiriman Barang dalam sistem IPasar wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan IPasar yang dipilih oleh Pembeli.
    2. Penjual dilarang memberlakukan promosi/sistem bebas ongkos kirim pada setiap Barang yang dijual di dalam Situs IPasar.
    3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman barang. Syarat ketentuan masing-masing jasa layanan pengiriman barang :
      – JNE Express – https://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express/syarat-dan-ketentuan-pengiriman
      – J&T Express – https://www.jet.co.id/page/terms-&-condition
      – Lion Parcel – http://www.lionparcel.com/Assets/pages/docs/claim-process-v1.0.pdf
      – Pos Indonesia – https://www.posindonesia.co.id/id/content/43
      – Sicepat – http://sicepat.com/termCond
      – Tiki – https://tiki.id/id/pengiriman-barang
      – Wahana Prestasi Logistik – https://www.wahana.com/syarat-ketentuan
    4. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
    5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
    6. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengambilan Barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman Barang langsung. IPasar tidak menerima pengembalian atau pengiriman Barang atas transaksi yang dilakukan Pengguna dalam kondisi apapun
  13. Tracking Pengiriman
    1. Pembeli memahami dan mengerti bahwa IPasar melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun IPasar tidak dapat menjamin ke-akuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat
    2. Setelah menerima dana dari pembeli, IPasar akan memberitahu penjual untuk segera mengirimkan barang sesuai dengan order atau kesepakatan jual-beli.
    3. Pemberitahuan kepada penjual dilakukan via email. Penjual harus melakukan konfirmasi (maks. 1 hari kerja) dari pemberitahuan.
    4. Penjual diwajibkan memberikan informasi nomor resi pengiriman di kolom “order note” setelah melakukan pengiriman barang, untuk diberitahukan kepada pembeli.
    5. IPasar menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan IPasar, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang kurir pengiriman setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu “Pusat Bantuan” dengan memberikan data Harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.
    6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah diluar tanggung jawab IPasar, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang
  14. Penerimaan Barang
    1. Dalam proses barang yang telah diterima oleh pembeli, pembeli wajib melakukan konfirmasi melalui website IPasar, dengan cara :
      – Memilih tombol “Terima” pada halaman penerimaan barang, apabila tidak ada komplain dan telah menerima barang sesuai dengan pesanan.
      – Memilih tombol “Komplain” pada halaman penerimaan barang, apabila menerima barang tidak sesuai pesanan, barang rusak atau cacat dan ingin melakukan retur atau penolakan.
      – Memilih tombol “Tolak” pada halaman ????, apabila tidak jadi menerima barang yang dipesan.
      – Memilih tombol “Retur” pada halaman penerimaan barang, apabila telah menerima barang tetapi tidak sesuai dengan pesanan.
    2. Apabila pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang selama 3 (tiga) hari setelah resi pengiriman menyatakan bahwa status barang telah terkirim, maka sistem akan melakukan konfirmasi penerimaan barang otomatis dengan status “Terima”.
    3. Biaya retur atau pengiriman kembali barang ditanggung oleh pembeli
    4. Lokasi atau alamat pengiriman barang kembali ke penjual sesuai dengan resi pengiriman
  15. Fee IPasar
    1. Apabila transaksi dinyatakan berhasil, maka IPasar memperoleh fee transaksi sebesar 1% (maksimum Rp.100.000,-) yang diperoleh dari Penjual.
    2. Di pihak Penjual, fee tersebut akan otomatis didebetkan dari Saldo Penjual yang ada di Rekening Escrow IPasar. Hal ini dilakukan setelah adanya konfirmasi otomatis atau konfirmasi penerimaan barang dari Pembeli.
    3. IPasar tidak mengenakan fee transaksi kepada pihak Pembeli.
    4. Fee yang berhubungan dengan fitur IPasar lainnya seperti, RFQ, Assurance, Inspection, Financing, dan Logistic, akan dijelaskan di masing-masing syarat dan ketentuan fitur.
  16. Kartu Kredit
    1. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelian Barang dan produk digital melalui Situs IPasar
    2. Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk :
      – transaksi pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) hingga maksimal Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk transaksi marketplace dan/atau digital
      – Transaksi dapat dilakukan hingga Rp500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) khusus untuk pembelian produk ???
    3. Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh IPasar dan mempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan Situs IPasar
    4. Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran
    5. Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan IPasar, maka IPasar berwenang untuk :
      – Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh IPasar, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari
      – Melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit
    6. IPasar akan menghentikan kerjasama dengan Penjual yang melakukan tindakan yang dapat merugikan prinsipal, penerbit, acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesek tunai (cash withdrawal transaction)
    7. Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan IPasar
    8. Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar 1,5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja
    9. Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan dikenakan biaya layanan yang diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui IPasar, dengan rincian sebagai berikut :
      – Cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 2.5% (dua koma lima persen
      – Cicilan 6 (enam) bulan sebesar 3.5% (tiga koma lima persen
      – Cicilan 12 (dua belas) bulan sebesar 6% (enam persen
      – Cicilan 18 (delapan belas) bulan sebesar 8% (delapan persen
      – Cicilan 24 (dua puluh empat) bulan sebesar 10% (sepuluh persen
    10. Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.
    11. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembayaran yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan mengikuti ketentuan yang terdapat pada halaman ???
  17. Penarikan Dana
    1. Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1×24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2×24 jam hari kerja
    2. Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna
    3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa IPasar berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna
    4. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin 18.3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak IPasar
  18. Pusat Bantuan
    1. Pusat Bantuan adalah fitur yang disediakan oleh IPasar untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual
    2. Fitur ini akan secara otomatis menahan dana pembayaran barang ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Pusat Bantuan selesai
    3. Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli berupa foto barang, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenaran atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak
    4. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan Penjual
    5. Jika Penjual tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak kendala dibuat, maka kendala secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pembeli
    6. Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka IPasar memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala
    7. Dalam hal IPasar membantu menyelesaikan kendala, maka sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Poin 7.14 dan Poin 8.11, Pembeli dan Penjual menyetujui bahwa IPasar berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak
    8. IPasar berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Pusat Bantuan, meskipun salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) belum memberikan tanggapan atas solusi yang diberikan Pusat Bantuan dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal:
      (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain kurir pengiriman yang memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman paket;
      (ii) Bukti dari Pembeli dan/atau Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email IPasar, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Pusat Resolusi dengan dasar transparansi masalah;
      (iii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian Pembeli atau Penjual;
      (iv) Salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau
      (v) Kondisi tertentu yang menyebabkan IPasar perlu segera melakukan mediasi
    9. Atas keputusan pertama IPasar diatas, baik Pembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya
    10. Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa Keputusan Tokopedia atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya
    11. Pengguna memahami bahwa Pusat Bantuan tidak berlaku untuk produk
    12. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Bantuan, Pembeli dan Penjual wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak IPasar pada diskusi terkait
    13. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa penanggungan ongkos kirim yang timbul selama proses penyelesaian kendala pada Pusat Bantuan didasarkan oleh bukti-bukti dan/atau kesepakatan yang diberikan oleh kedua pihak. Apabila Pembeli dan/atau Penjual tidak bersedia untuk menganggung ongkos kirim tersebut, maka IPasar berwenang memberikan keputusan penanggungan ongkos kirim berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada
    14. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelah adanya kesepakatan untuk pengiriman Barang kembali ke Penjual, apabila dalam waktu maksimal 2 x 24 jam (tidak termasuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu) terhitung sejak Penjual memberikan alamat, Pembeli tidak kunjung melakukan pengiriman barang, maka IPasar berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada
    15. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Barang pengganti untuk Pembeli dapat dilakukan maksimal 2 (dua) hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung sejak terdapat status pengiriman dari kurir logistik bahwa Barang yang dikembalikan oleh Pembeli sudah diterima oleh Penjual. Apabila didapati bahwa Penjual tidak memenuhi ketentuan ini, maka IPasar berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada
    16. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24 jam terhitung sejak IPasar melakukan permintaan bukti kepada Pembeli dan Penjual atas transaksi terkait
    17. Tata cara menggunakan Pusat Bantuan selengkapnya dapat dilihat pada Halaman ???
  19. Penjaminan (Assurance)
  20. Pembiayaan (Financing)
  21. Inspeksi (Inspection)
  22. Logistik
  23. Asuransi
  24. Penolakan dan Tanggung Jawab
    1. IPasar adalah portal web dengan model Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website IPasar. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar IPasar Membership, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab IPasar secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web
    2. IPasar selalu berupaya untuk menjaga Layanan IPasar aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan IPasar dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs IPasar memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time
    3. Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan IPasar atas risiko Pengguna sendiri dan Layanan IPasar diberikan kepada Anda pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”
    4. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, IPasar (termasuk induk perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab dan Anda setuju untuk tidak menuntut IPasar bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
      – Pengunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan IPasar.
      – Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Layanan IPasar.
      – Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan IPasar.
      – Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
      – Kualitas Barang.
      – Pengiriman Barang.
      – Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
      – Perselisihan antar Pengguna.
      – Pencemaran nama baik pihak lain.
      – Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
      – Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi IPasar, yang dengan cara apapun mengatas-namakan IPasar ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
      – Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
      – Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses atau menghubungkan ke Layanan IPasar.
      – ·Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan IPasar.
      Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan IPasar.
      – Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Barang yang ada dalam situs IPasar yang diduga palsu.
      – Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
      – Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna
  25. Ganti Rugi
    Pengguna akan melepaskan IPasar dari tuntutan ganti rugi dan menjaga IPasar (termasuk Induk Perusahaan, Direktur dan Karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, Pengguna Layanan IPasar yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga
  26. Pelepasan
    Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna, Anda melepaskan IPasar (termasuk Induk Perusahaan, Direktur dan Karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini
  27. Pilihan Hukum
    Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubung dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yuridiksi pengadilan Republik Indonesia
  28. Pembaharuan
    Syarat dan Ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. IPasar menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan IPasar, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.
  29. Ketentuan Lain
    1. Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yang tersedia dalam situs IPasar maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut
    2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan IPasar secara umum

Pembaharuan Terakhir : 24/06/2020 15:00