SIPINDO
Sipindo (Sistem Informasi Pertanian Indonesia) merupakan sebuah aplikasi pertanian berbasis android yang memberikan kemudahan akses informasi pertanian kepada petani di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Sipindo juga memiliki misi untuk mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para petani di Indonesia dengan cara menyediakan informasi mengenai teknik budidaya tanaman, hama penyakit tanaman, serta menyediakan akses pasar untuk kebutuhan jual beli hasil panen mereka.
Sipindo merupakan aplikasi hasil kerjasama antara PT. East West Seed Indonesia (EWINDO) dengan AIP PRISMA. EWINDO adalah perusahaan benih sayuran terpadu pertama di Indonesia yang menghasilkan benih unggul sayuran melalui kegiatan pemuliaan tanaman. AIP PRISMA yaitu program dukungan Pemerintah Indonesia dan Australia untuk kemajuan pertanian Indonesia.

IPASAR PARTNERSHIP
Aplikasi Sipindo dengan pengguna yang mencapai lebih dari 50ribu orang, merupakan potensi yang sangat besar bagi pasar komoditi di Indonesia. Oleh karenanya IPasar menggandeng Sipindo untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk dapat melakukan perdagangan komoditi yang aman, transparan dan efisien.
Melalui platform IPasar yang berfungsi sebagai marketplace, pengguna aplikasi Sipindo mendapatkan peluang yang lebih besar untuk memperluas pangsa pasar, menghindari potensi gagal-bayar dan gagal-serah, mendapatkan harga yang realistis, intermediasi permodalan, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

MANFAAT
Manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds :

  • Mengetahui informasi dan peta penanaman sayuran di Indonesia untuk memudahkan dalam melakukan perencanaan penanaman sehingga dapat menghindari over supply saat panen yang bisa menyebabkan turunnya harga panen.
  • Mengetahui informasi harga sayuran terkini sehingga lebih mudah dalam bernegoisasi dengan pedagang.
  • Mengetahui teknik bertanam sayuran yang benar dan juga bisa berkonsultasi langsung tentang budidaya tanaman dan pengendalian hama penyakit tanaman.
  • Sipindo juga dilengkapi fitur rekomendasi pemupukan untuk beberapa daerah di Indonesia (saat ini baru tersedia untuk area Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Lampung) dan kami akan terus perluas hingga dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.
  • Mengetahui prediksi curah hujan (CH) bulanan untuk 6 bulan ke depan serta prediksi awal musim kemarau (AMK) dan awal musim hujan (AMH).
  • Mengetahui lokasi penananaman sayuran di sekitar anda sehingga lebih mudah untuk mencari produk yang ingin dijual.
  • Bagi pedagang dan petani dapat melakukan jual-beli produk komoditi, ditambah adanya fitur Marketplace yang merupakan bentuk kerjasama dengan IPasar.
  • Bagi petugas atau penyuluh pertanian, melalui Sipindo anda bisa membantu lebih banyak petani di lapangan untuk mendukung kesuksesan pertanaman mereka.
  • Para petani juga dapat mengetahui informasi keberadaan petugas EWINDO (Cap Panah Merah) terdekat sehingga lebih mudah untuk berkonsultasi

INSTALLATION
Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, segera instal aplikasi Sipindo sekarang juga di ponsel android anda dan jadikan diri Anda sebagai bagian utama penggerak bangkitnya pertanian Indonesia. Anda dapat menginstal aplikasi Sipindo pada Android Anda, dengan cara klik disini.
Anda juga dapat mengunjungi website Sipindo di www.sipindo.id. Dalam website tersebut terdapat beberapa fitur yang berisikan informasi komoditi nasional, seperti :

  • Artikel
  • Pemetaan Penanaman Ringkasan
  • Pemetaan Penanaman per Tanaman
  • Harga Pasar